Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Membuka Jalan Menuju Pendidikan TK

 

Xiao’en yang akan sekolah ke taman kanak-kanak tahun ini selalu tidak mendengarkan petunjuk orang rumah dan selalu membuat berantakan dengan penuh semangat. Ibu Xiao’en khawatir putranya “ditolak” sekolah karena terlalu nakal. Untungnya, ada layanan Program Intervensi Dini ke Rumah yang membantu Xiao’en membuat persiapan yang memadai sebelum memasuki TK.

1圖

Artikel| Nina Chu  Penerjemah|Shantina  Foto|Chih-Yin WANG

 

Setelah menepis air hujan untuk masuk ke rumah Xiao’en, gagang pintu dengan ketinggian dua kali lipat dari biasanya menyambut kedatangan guru. Saat melihat ke sekeliling, pintu kulkas dan kotak penyimpan baju terlihat diikat dengan tali, depan tangga menuju ke lantai dua diblokir dengan pintu sepinggang buatan sendiri. Ruang tamu yang bersih dan rapi terlihat berbeda dengan perabot sekitar yang penuh hambatan.

 

“Xiao’en, mari masuk untuk belajar.” Di dalam ruangan, guru pendidikan khusus You Jing-fen sengaja berbicara lebih pelan.

 

Di bawah petunjuk guru, Xiao’en dengan cepat menemukan balok boneka bocah laki-laki dan melipatkan kakinya agar bisa duduk. Setelah mengikuti program intervensi dini ke rumah lebih dari setengah tahun, konsentrasi dan stabilitas Xiao’en mengalami banyak peningkatan. Ibu Xiao’en sangat senang dengan perkembangan ini

2圖說:小恩找出特教老師指定的玩具。

 

Xiao’en adalah anak pertama dalam keluarga. Dia selalu penuh energi dan selalu mengobrak-abrik rumah. Xiao’en sangat menyukai hal-hal baru, sehingga acara anak Qiaohu tidak akan pernah didengarkan untuk kedua kalinya. Dia juga belajar bagaimana menyalakan TV dengan remote control dari ibunya, tapi karena tidak menginginkan putranya menonton sendirian, sang ibu selalu menyimpan remote controlnya. Xiao’en yang pintar selalu bisa menemukan cara memanjat tinggi dan menekan tombol power TV secara langsung.

 

Xiao’en sering tidak acuh terhadap panggilan ibunya, membuat berantakan dan menolak untuk membereskan kembali, hal ini membuat orang tuanya merasa pusing. Meskipun Xiao’en memiliki ketrampilan lisan, tetapi dia tidak suka berbicara. Hanya pada keadaan terpaksa baru membuka mulut untuk meminta bantuan. Ibu Xiao’en berpikir, “Mungkin karena ayahnya berbahasa Mandarin dan saya berbahasa Vietnam sehingga membuat anak kecil kebingungan?” Ketika mengobrol dengan teman, mereka berbagi bahwa anak kecil di luar negeri yang tinggal di lingkungan banyak bahasa juga bisa berbicara dengan baik tanpa kebingungan. Kerabat ibu Xiao’en meminta dia untuk tidak khawatir dan mengatakan anak akan sembuh dengan sendirinya setelah besar.

 

3圖說:小恩在家四處探險。

 

Bertemu dewi fortuna di Ruang Bermain Orang tua-Anak di Su’ao

Rumah Xiao’en tidak jauh dari pantai. Xiao’en sendiri sangat senang diajak ayahnya untuk bermain pasir. Pada hari biasa sang ayah selalu sibuk bekerja, ditambah setelah ibunya melahirkan adik perempuan, sang ibu tidak mampu mengejar Xiao’en sambil mengendong adiknya. Jika tidak hujan, ibu Xiao’en akan membawanya ke Ruang Bermain Orang tua-Anak yang berada di sekitar rumah. Melihat anak-anak lain bermain dengan teratur, Xiao’en tidak bisa berkonsentrasi. Dia selalu menjatuhkan mainan atau merebut mainan orang lain dan tidak mengacuhkan ibunya.

 

4圖說:小恩好奇戳戳媽媽做的家鄉菜─越南肉凍。

 

Ibu Xiao’en selalu merasa pusing, suatu kali ia bertemu dengan Pusat Layanan Masyarakat Yayasan Eden cabang Yilan di ruang bermain tersebut. Setelah evaluasi dan kunjungan rumah, pekerja sosial Liu Yi-jun menghubungi instansi terkait dan layanan intervensi dini setempat untuk mengatur guru pendidikan khusus melakukan kunjungan rumah mingguan.

 

Guru Pendidikan Khusus Datang ke Rumahku

Selama lebih setengah tahun, ibu Xiao’en sering berdiskusi dengan terapis okupasi, melakukan perubahan penempatan perabot rumah dan penyesuaian lingkungan belajar, seperti: berlatih menyortir dan menyimpan mainan, mengajak Xiao’en untuk membereskan mainan sebelum belajar, mengembangkan kebiasaan baik, belajar duduk dan mendengarkan petunjuk di kelas, mengulangi kegiatan latihan dan menambah pengalaman hidup.

 

5圖說:特教老師游靜芬每週到府服務。

 

Guru pendidikan khusus datang ke rumah seminggu sekali. Awalnya mereka belajar di ruang tamu, tetapi karena Xiao’en mudah teralihkan sehingga pindah ke dalam kamar untuk membentuk pola belajar yang teratur. Sekarang, begitu tiba waktu belajar, Xiao’en akan menarik gurunya masuk ke dalam “kelas” dan menepuk bantal kursi untuk duduk. Konsentrasi dan kepatuhan pada petunjuk Xiao’en telah banyak meningkat.

 

Xiao’en akan sekolah TK pada musim panas tahun ini. Guru pendidikan khusus You Jing-fen membantu Xiao’en menetapkan misinya: meminta Xiao’en mendengarkan kata-katanya sekarang, kemudian patuh kepada orang-tuanya dan mendengarkan gurunya di taman kanak-kanak. Meski penduduk baru mendapat prioritas untuk sekolah di TK negeri, ibu Xiao’en khawatir putranya ditolak oleh sekolah karena terlalu nakal. Dengan adanya penanganan intervensi dini, orang tua Xiao’en akhirnya bisa bernapas lega.

 

Sebelum menikah, ibu Xiao’en sangat suka belajar. Sebelumnya, dia selalu memanfaatkan hari libur untuk mengikuti berbagai kursus yang diadakan Biro Ketenagakerjaan bagi pekerja asing, seperti: komputer, memasak, pertunjukan, dll. Setelah menikah ke Yilan, awalnya masih tidak terbiasa dengan cuaca yang sering hujan dan anak yang berbuat gaduh karena terkunci di rumah. Ibu Xiao’en dengan terampil menjahitkan tirai jendela dan mengajar bahasa Vietnam di sekolah terdekat. Setelah melahirkan adik perempuan Xiao’en, dia tidak punya waktu untuk mengajar di sekolah lagi.

 

6圖說:小恩在教會的勞作貼在冰箱上。

 

Xiao’en berangkat ke sekolah

Setelah tinggal lama, ibu Xiao’en sudah terbiasa dengan Lanyang yang suka hujan. Kulkas di rumah tidak hanya diikat dengan tali, tetapi juga tertempel hasil karya Xiao’en di gereja, hal ini menunjukkan dia sudah bisa duduk dan menyelesaikan sebuah hasil karya dengan baik. Ini semua karena ibu Xiao’en memiliki hati yang terbuka tanpa menghiraukan gunjingan orang lain. Begitu terdeteksi saat pemeriksaan anak, Xiao’en bisa dengan cepat dan tepat mengikuti program intervensi dini yang membuat Xiao’en bisa melakukan persiapan yang memadai sebelum sekolah TK.

 

Musim panas ini, orang tua Xiao’en sangat menantikan untuk melihat Xiao’en memasuki taman kanak-kanak dengan senang hati.

 

7圖說:小恩與媽媽。

 

更多好文:

*早療為孩子讀幼兒園鋪路(中文版) https://bit.ly/2PGfeha

*早療為孩子讀幼兒園鋪路(英文版) Early Intervention Pave the Path to Kindergarten https://bit.ly/3seFvk4

*早療為孩子讀幼兒園鋪路(日文版) 早期療育は子供のために幼稚園への行く道を開く https://bit.ly/3sk3Q8w

*早療為孩子讀幼兒園鋪路(越南文版) Giáo dục từ sớm giúp trẻ đi học mẫu giáo https://bit.ly/3mPrys4

arrow
arrow
    全站熱搜

    伊甸園電子報 發表在 痞客邦 留言(0) 人氣()