Aktivitas Lansia Agar Tetap Sehat Selama Pandemi

 

Situasi pandemi di Taiwan masih kelam. Untuk mengurangi risiko tertular saat keluar, “Di Rumah Aja” telah menjadi prinsip protokol kesehatan yang diterapkan dari pusat hingga ke daerah. Tetapi jika terus tinggal di rumah, apakah kesehatan para manula akan menurun? Berikut ada 4 saran dari Terapis Okupasi, Wang Zhi-yuan yang efektif dalam menghindari penurunan fungsi fisik dan mental.

防疫期間長輩-印尼0

Penggarap | Nina Chu        Ilustrasi Dream Hugo

Ulasan | Terapis Okupasi, Wang Zhi-yuan      Penerjemah | Shantina

 

 

Langkah menghindari kemunduran 1: Jangan duduk jika masih bisa berdiri

防疫期間長輩-印尼1

Pada lingkungan dan keadaan yang dipastikan aman oleh anggota keluarga, beri semangat kepada orang tua untuk berdiri dan bergerak, berpakaian, pergi ke toilet dan mengerjakan pekerjaan rumah sederhana. Gerakan-gerakan ini akan melatih kekuatan otot dan daya tahan kaki mereka. Selain itu juga meningkatkan fungsi jantung, paru-paru, sistem pencernaan, serta membangun rasa percaya diri orang tua.

 

 

 

Langkah menghindari kemunduran 2: Jangan berbaring jika masih bisa duduk

防疫期間長輩-印尼2

Jam tidur orang sehat pada umumnya selama 6 hingga 8 jam. Banyak orang tua yang kurang sehat dan difabel selalu keluar rumah untuk rehabilitasi atau berjemur di luar dan duduk di kursi roda selama 3-4 jam. Jika orang tua tetap berada di ranjang pada siang hari, kekuatan fisik akan menurun setelah dua minggu.

 

 

Langkah menghindari kemunduran 3: Berjalan sebisa mungkin

防疫期間長輩-印尼3

Berlatih dari kehidupan sehari-hari. Para lansia bisa melakukan kegiatan seperti membuang sampah, menuangkan air minum, makan di meja makan dan pergi ke toilet. Pergunakan setiap kesempatan agar mereka bisa berjalan sendiri sebagai olahraga.

 

 

 

Langkah menghindari kemunduran 4: Usahakan melakukan semua kegiatan sendiri

防疫期間長輩-印尼4

Jika orang tua kita mampu mengerjakan kegiatan sehari-hari tanpa bantuan kita, maka biarkanlah dibawah pengawasan kita. Melalui menyelesaikan aktivitas sehari-hari, kekuatan fisik orang tua akan meningkat, kekuatan otot, kemampuan kontrol pergerakan, kemampuan membedakan barang dan kepercayaan diri mereka juga akan bertambah, sehingga mereka bersemangat untuk hidup dan lebih cepat pulih serta mengurangi beban pengasuh.

 

您可能也想看

*防疫期間長輩在家的活動建議 (中文版) https://bit.ly/3gbC76P

*防疫期間長輩在家的活動建議 (英文版) https://bit.ly/3goBWnD

*防疫期間長輩在家的活動建議 (印尼文版) https://bit.ly/3pI34Co

*防疫期間長輩在家的活動建議 (越南文版) https://bit.ly/3gs785n

 

資料來源伊甸園電子報2021.06.08 NO. 412

arrow
arrow
    全站熱搜

    伊甸園電子報 發表在 痞客邦 留言(0) 人氣()